MasPace

Kamis, 13 Agustus 2015

Just how fast the night changes



Assalamualaikum
             
 Saya pernah baca sebuah artikel di google, katanya kalau waktu terasa cepat itu adalah ciri – cirr kiamat, menurutku sih nggak ya, karena cepat atau nggak waktu berjalan itu tergantung kita yang merasakan, betul?
               
 Saya orang yang merasakan waktu berjalan begitu cepat. Saya masih ingat betul bagaimana waktu saya awal sekolah dulu, awal Tk saya susah banget buat masuk sekolah, lalu saya berangkat, bertemu dengan orang – orang yang meskipun sebaya tapi asing, sukanya nangis pas lihat di jendela ibuk atau yang anter saya sudah pulang, dan gak sampai adzan luhur saya pulang, makan, main game, tidur siang, sorenya ngaji, malamnya nonton tv, lalu tidur. Begitu terus sampai saya naik tingkat, sd, smp, sma, dan sekarang saya bangun dan baru sadar kalau saya ini sudah jadi lulusan sma.
                
 Gak cuma itu, dulu setiap sore, aku dan mbak ku sukanya main santai aja, main sepeda sambil mrecing – mrecing karena kepanasan, aku yang saat itu laki – laki sendiri gak segan main masak – masak sama mbak, begitu pun mbak ku, gk segan main bola sampek mukanya mengkilat kena keringat. Santai aja gitu ngumpul satu kampung jadi satu kelompok bermain.
                
 Cerita sd lanjut ke smp, smp awal juga masih suka main – main seperti itu, bedanya agak mulai malu main masak – masak, dan mbak ku mulai sibuk main sama teman sekolahnya, gak cuma itu, teman – teman ku yang lain juga sama, sibuk dengan sekolahnya, ada yang sukanya setiap minggu sore ikut pengajian bapaknya, ada juga yang fokus ujian nasional. Tanpa ada tanda – tanda perubahan saya keluar rumah dan menyaksikan kampungku yang dulu rame anak kecil, sekarang sudah berbeda, mungkin mereka sudah mulai menata masa depan nya, sudah mulai menemukan jati diri.
                
 Tanpa saya sadari, keluarga saya sendiri juga mengalami perubahan, dulu ibuk saya sukanya pas saya pulang sekolah memaksa untuk mencium kelek saya, mungkin dia suka dengan keringat anak kecil yang katanya “kecut – kecut seger”. Sekarang? bahkan saya bukakakan kelek saya didepan dia pun, dia gak tertarik, dan bilang “anak kurang ajar!”. Mbak ku, yang dulu suka panas – panas sepedahan, sekarang? untuk keluar rumah pun gamau, dulu yang mainnya bareng saya keliling kampung, sekarang sudah keliling Indonesia, dan memulai karirnya sebagai pramugari. Adik ku yang dulu masih kecil lucu, rambutnya kriting gantung kaya bastian cjr, sekarang mulai lurus dan berjerawat, sudah jauh dari kata lucu.
                
 Aku? Menurutku belum ada perubahan banyak, kecuali, perut makin buncit, suara ngebass, banyak bulu rambut makin keriting, punya pacar, ehem. Dulu pas sd, saya sering jatuh cinta sama mbak – mbak smp atau sma, tapi saya sadar saya masih sd. Sekarang? mau suka sama yang masih smp atau sma saya harus sadar kalau saya ketua an. Dulu saya pikir pendidikan setelah sd itu menyenangkan, nyatanya biasa aja. Dulu saya pikir selalu ada kejadian atau hal yang membuat kita berubah jadi menua, seperti revolusi kuba, transisi orde lama ke orde baru, atau reformasi, nyatanya dalam kasus ini nggak. Setiap saya lihat ke kaca, saya masih lihat Dasilva Ari yang slengek an, suka mondar – mandir gak jelas. Tapi perubahan itu cepat, dan sering setiap orang gk sadar kalau dia sedang dalam proses perubahan.
                 
Menjadi tua tentu beda dengan menjadi dewasa, sebelum saya ikut osis dan ketemu kawan seperjuangan, bob, saya itu orangnya gk sadar kalau sudah gedhe,karena saya belum siap dengan perubahan. Setelah ikut osis tanpa saya sadari saya di dewasakan. Ya ternyata dewasa itu pilihan disaat hidup mulai menua
                
 10 atau bahkan 5 tahun lagi, saya atau kamu, cepat atau lambat, sadar atau gak sadar, siap atau gak siap, pasti akan mengalami perubahan, karena waktu gak mau tau, kamu yang harus mencari tau waktu, kapan harus siap. Ya, just how fast the night changes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar