MasPace

Senin, 10 Agustus 2015

Bapakku Kebanggaanku



Assalamualaikum
               
 Hai, gimana kabarnya? Bapak ibu sehat? Salam ya buat mereka, hehe

 Ngomongin bapak ibu, aku pengen cerita bapak ku, bapak ku sudah Almarhum, tapi insyaallah ceritanya sedikit agak bermanfaat dari pada cerita – cerita sebelumnya.

                Bapak ku orang flores asli, lahir di kota Ende, Flores NTT, pas ulang tahun Jakarta tahun 1962, mungkin kalau sekarang masih hidup umurnya 52 an, masih gagah lah, kalau ukuran orang Flores. Tapi beliau dulu meninggal usia 47 tahun.

                Bapak ku sama Kakeku, dimanja sekali, bahkan diantara ke 11 anaknya,  dia yang hidup paling bahagia diantara yang susah, semua harus kerja dulu, bantu kakek ku. bapak ku santai aja, sekolah, waktu pulang tidur siang, enak banget. Gak bisa kalau disuruh kerja, mungkin itu sebabnya kulitnya Putih sendiri, bahkan tanganya itu halus banget, ibu ku kalah.

                Sama halnya seperti pemuda flores di kampung pada saat itu, Jaman tahun  1980 an banyak keluarga ku, temasuk bapak ku merantau ke Jawa, pada saat itu belum selesai sma, dengan modal nekat dan semangat “pokoknya ke jawa”, pergilah bapakku dan om ku, namanya om Said, naik kapal laut ke jawa. Dan FYI, mereka berdua Cuma bawa 1 koper, isinya, ijazah smp, dan celana 1, ya gantian gitu pakainya.

                Menurut cerita om ku, setelah sampai Jawa, dia ikut ke rumahnya om - omnya bapakku, dia sekolah setara paket , lalu ikut kerja di ngawi, di bank jatim, tapi jadi tukang bersih – bersih waktu itu. Ya namanya kerja begitu siapa sih yang betah, lalu dia kirim surat ke omnya di malang, sambat kalau kerja nya susah disini, omnya balas “Kerja itu gk langsung kamu duduk di kursi emas, Pongo”, (pongo bhs flores artinya bodoh).

                Alhamdulillah, setelah lulus sma kesetaraan, lalu dia kuliah jurusan Ekonomi di Universitas Gajayana Malang (UGM) , dan mulai dapat posisi enak di Bank Jatim Blitar.  Asal kamu tahu, hidup gak melulu menggantungkan cita – cita dan harapan, karena kalau kamu masih bergantung pada cita – cita, habis kamu dikikis jaman. Ya seperti Itu bapak ku, mulai karir di titik nol, terus merangkak sampai mendekati titik sukses, seandainya dulu dia masih sekolah di Flores dan meneruskan cita – citanya untuk menjadi Jaksa, mungkin dia tidak se sukses ini.

                Bisa dibilang bapak ku ini orang flores tapi jauh dari kesan Flores itu sendiri, malah menurutku mirip orang arab. Tinggi, sorot matanya tajam,  kulitnya putih, rambutnya meskipun keriting, tapi selalu rapi, bersih, wangi, pakaiannya selalu rapi, kaya bungkus berkat. Ramah sekali, bahkan asal ada orang flores, itu dianggep keluarga, padahal hubunganya jauuuh banget. Dan dia itu sopaaaaan sekali, manner nya bagus sekali kalau untuk ukuran orang Flores, ngerti caranya Pegang sopan santun ala adat Flores, rendah hati, gak arogan seperti orang flores yang kalian lihat, kalau ketemu orang itu nyenengin, kalau ngomong halus tapi tegas, dari fisik sih masih kelihatan kalau orang flores.  tapi dari sikap nya gk keliahatan banget. Dan dia selalu jaga gengsi dan wibawa, bahkan dia itu kalau ngobrol di depan rumah bareng bapak – bapak tetangga, kalau yang lain pake celana pendek dan kaos tidur, bapak ku pakai celana panjang, dan hem, beneran, Tanya deh sama bapak yang suka ngobrol sama bapak ku. Karena bapak ku selalu bilang “meskipun kita bodoh, kita harus jadi bodoh tapi muka pintar, jangan pintar tapi muka bodoh, apa lagi bodoh muka bodoh”

                Bapak ku kalau ke pasar, beli apapun, gak pernah mau ditawar, selain gamau ribet, katanya malu kalau nanti ada tetangga lihat dia lagi tawar menawar, aneh kan? Ya, bapak ku orang nya terkesan hidup karena omongan orang lain, dan juga Sungkanan. Pernah pas dia pergi belanja di Apollo, yang jaman itu sama hitz nya kaya matahari dan Ramayana, dia ngajak om ku, namanya orang kan pingin pamer kalau habis belanja ke tempat hitz kan? Om ku pulang nenteng kresek gambar Apollo, sama bapak ku disobek dan suruh ganti kresek hitam atau bungkus Koran. Katanya kaya orang apa aja kreseknya gambar Apollo, malu dilihat orang. Pas Sholat, Bapakku gamau sholat jamaah di masjid, kecuali sholat jumat dan sholat ied, padahal rumah sangat dekat dengan masjid, katanya malu, takut dikira pamer ibadah ke orang lain, Beneran ini.
               
 Kebiasaan hidup enak, sampai akhirnya awal 2009 Bapakku di vonis kanker Hati, mungkin karena kebiasaan buruknya merokok, tidur terlalu malam dan bangun siang, makan siang berlemak terus, sate, nasi padang, dan gak pernah olahraga, jadi meskipun gagah tinggi besar, bapakku orangnya ringkih, gampang sakit. Hati se keluarga hancur pas bapak kena penyakit itu. Setelah berobat kemana – mana, bapak gk kuat dan akhirnya meninggal bulan april 2009, pas aku ujian praktek SD hari ke 2, Piye kira – kira rasane? :’)

                Bagaimana pun, aku pingin jadi bapak ku. Nasionalis sejati, mind blow, tau sembarang kalir masalah negara, Pekerja keras, royal terhadap keluarga, sayang istri dan anak, setia sama istri, cinta ke anak, rendah hati, Manner nya bagus, Mantu dan bapak idaman sekali. sangat membanggakan apabila nanti kisahnya jadi cerita penghantar tidur cucu – cucunya, Big Love, and I miss u, Dad!
             
   Udah ya ceritanya, Lain kali disambung, siapa tau kamu mau jadi yang certain cucu – cucunya bapakku, hehe. Thanks udah baca :-D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar